PROSEDUR KERJA TATA KERJA SISTEM KERJA (Pengantar Administrasi Perkantoran)

Pengantar Administrasi Perkantoran
PROSEDUR KERJA TATA KERJA SISTEM KERJA

Prosedur Kerja adalah rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka penyelesaian suatu bidang tugas
 
Tata Kerja adalah cara cara pelaksanaan kerja yang seefisien mungkin atas suatu tugas dengan mengingat segi segi tujuan, peralatan fasilitas, tenaga kerja dan prosedur kerja yang kemudian membentuk suatu kebulatan pola tertentu dalam rangka melaksanakan suatu bidang pekerjaan 
 

Sistem Kerja adalah rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang membentuk satu kebulatan pola dalam rangka melaksanakan satu  pekerjaan 


Manfaat Tata, Prosedur, Sistem Kerja:
Ø  Sebagai pola kerja yang dapat menjabarkan tujuan, sasaran, program kerja, fungsi fungsi dan kebijaksanaan dalam kegiatan pelaksanaan yang nyata
Ø  Sebagai standarisasi dan pengendalian kerja setepat tepatnya
Ø  Sebagai pedoman kerja bagi para pelaksana atau semua pihak yang berkepentingan

Contoh Manfaat Tata, Prosedur, Sistem Kerja:
Dalam kearsipan mini market adalah sebagai berikut:
Ø  Mengklasifikasikan produk produk yang akan dijual
Ø  Melaksanakan pengkodean barang
Ø  Mengatur barang pada tempatnya
Ø  Menentukan masa kadarluasa pada barang tersebut

Asas asas penyusunan Tata, Prosedur, Sistem Kerja:
Ø  Menyatakan secara tertulis dan tersusun secara sistematis, serta tertuang dalam bentuk manual atau pedoman pelaksanaannya
Ø  Mengkomunikasikan atau menginformasikan secara sistematis kepada semua petugas yang bersangkutan
Ø  Menyelaraskan dengan kebijaksanaan pimpinan yang berlaku dan kebijakan umum yang ditentukan pada tingkat yang lebih tinggi
Ø  Meninjau dan mengevaluasi kembali secara periodik. Apabila direvisi harus disesuaikan keadaan
Ø  Memberikan dorongan kepada pelaksanaan kegiatan secara efisien dan memberikan jaminan dengan tujuan untuk menjaga sumber sumber yang berada dibawah pengendalian organisasi

Prinsip prinsip penyusunan Prosedur Kerja:
ü  Rasional
Setiap prosedur kerja harus masuk akal dan mudah dipahami, sehingga semua orang sesuai dengan kualifikasinya akan degan mudah untuk mengerti.
ü  Sistematis
Menggunakan urutan kerja yang teratur, yakni mengalir dari tahap pertama, kedua dan seterusnya.
ü  Bersifat operasional
Menjelaskan tentang teknis pelaksanaan yang dapat dikerjakan dan bukan bersifat teoritis.
ü Menggunakan jarak terpendek
Setiap pekerjaan sedapat mungkin tidak melalui jalur atau jenjang yang panjang.
ü  Menekankan kepada prinsip rangkaian kerja.
Artinya semua pekerjaan yanag saling berkaitan ditempatkan secara berurutan.
ü  Menekankan kepada efisiensi dan efektifitas
dalam proses penyelesaian pekerjaan
ü  Terukur
Dalam setiap tahapan pekerjanaan dapat diukur sejauh mana tentang keberhasilan





Maaf ya udah lama ngga nge post, soalnya lagi sibuk banget, semoga kalian puas dengan postingan saya kali ini dan saya mohon maaf karena hanya pengertian  singkat singkat aja :D


#HidupTeraturMasaDepanCerahGUYS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh puisi Perubahan Sosial

Just a little Introduce about me

Puisi untuk tetap Semangat Berkarya